Jenis-jenis Bisnis Percetakan

Tumpukan katalog Furniture untuk packaging

Dunia Percetakan

Mengenal Usaha percetakan akan kita ketahui istilah Cetak Offset dan Digital, Sablon.

Cetak Offset

Berkas:Offset.pngCetak offset adalah teknik cetak yang banyak digunakan, di mana citra (image) bertinta di-transfer (atau di- “offset”) terlebih dahulu dari plat ke lembaran karet, lalu ke permukaan yang akan dicetak. Ketika dikombinasikan dengan proses litografi, yang berdasarkan pada sifat air dan minyak yang tidak bercampur, maka teknik offset menggunakan sebuah pemuat citra yang rata (planographic) di mana citra yang akan dicetak mengambil tinta dari penggulung tinta (ink rollers), sementara area yang yang tidak dicetak menarik air, menyebabkan area yang tak dicetak bebas tinta.

Jenis pencetakan offset yang paling umum berasal dari proses offset foto, yang melibatkan penggunaan bahan kimia sensitif cahaya dan teknik fotografi untuk mentransfer gambar dan mengetik dari bahan asli ke plat cetak. Dalam penggunaan saat ini, bahan asli mungkin merupakan teks cetak dan teks teks aktual. Namun, ini lebih umum – dengan prevalensi komputer dan gambar digital – bahwa materi sumber hanya ada sebagai data dalam sistem penerbitan digital.

Proses pencetakan offset terdiri dari beberapa bagian:

sistem tinta (ink fountain and ink rollers);
sistem peredam (air mancur dan rol air);
silinder pelat;
silinder offset (atau silinder blanket);
silinder kesan.

Dalam proses ini, tinta ditransfer dari air mancur tinta ke kertas dalam beberapa langkah:

Sistem tinta dan peredam mengirimkan tinta dan air ke pelat offset yang menutupi silinder pelat.
Silinder pelat mentransfer tinta ke selimut yang menutupi silinder offset.
Kertas kemudian ditekan ke silinder offset dengan silinder kesan, mentransfer tinta ke kertas untuk membentuk gambar yang dicetak.